Kamis, 03 November 2011

GIZI DAN MAKANAN

Dalam dunia gizi dan makanan ini saya akan  memberikan informasi  apa saja zat gizi yang ada di dalam bahan makanan sehari-hari yang terkadang kita tidak menyadari dan kadang selalu membuang makanan serta ada beberapa orang yang tidak menyukai salah satu pangan tertentu. Padahal kalau ditinjau dari, zat gizi dalam bahan pangan banyak member manfaat bagi tubuh kita. Bahan pangan yang kita konsumsi yang jumalahnya seakan tidak terbatas mengandungsetidaknya beberapa zat gizi diantaranya adalah:

Zat gizi makro (Karbohidarat, lemak, Protein, dan air)
Zat gizi mikro ( Vitamin dan mineral )

Kalau dispesifikasikan lagi sebenarnya zat gizi itu sangat banyak, oleh karena itu disini  saya akan membahs karbohidrat saja  , sedangkan untuk zat gizi lainnya akan saya bahas dilain waktu.

Karbohidarat
Karbohidarat memegang peranan penting dalam alam karena merupakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan yang harganya relative murah. Semua karbohidarat beraal dari dari tumbuh-tumbuhan melalui proses  fotosintesis. Semua jenis karbohidarat terdiri dari atas unsure karbon (C), hydrogen (H), dan Oksigen (O). Dalam bentuk sederhana , formula umum karbohidarat adalah CnH2nOn.

Karbohidrat yang penting dalam gizi dibagi dalam dua golongan yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Sesungguhnya semua jenis karbohidrat terdiri atas karbohidarat sederhana atau gula sederhana. Karbohidrat kompelks mempunyai lebih dari dua unit gula sederhana di dalam suatu molekul.
Karbohidrat sederhana terdiri atas monosakarida, disakarida, gula alcohol, oligosakarida.

Monosakarida
Sebagian besar monosakarida dikenal sebagai heksosa, karena terdiri atas 6 rantai atau cincinkarbon. Ada tiga jenis heksosa dalam yang penting dalam ilmu gizi yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa.
Glukosa terdapat luas di alam dalam jumalah sedikit yaitu didalam sayur, buah sirup jagung, sari pohon, dan bersamaan dalam dengan fruktosa dalam madu. Tingakat kemanisan glukosa hanya separoh dari sukrosa, sehingga dapat digunakan lebih banyak untuk tingkat kemanisan yang sama.
Fruktosa terdapat dalam madu, dalam buah, nectar, bunga dan juga dalam sayur. Fruktosa dapat diolah diolah dari patidan digunakan secara komersial. Galaktosa terdapat dalam tubuh sebagai hasil pencernaan laktosa.
Manosa dan pentose juga terdapat dalam bahan pangan.
Disakarida
Sukrosa dinamakan gula tebu atau gula bit, gula merah, didalam sayur, buah, dan madu. Bila dicerna atau dihidrolisis sukrosa pecah menjadi gluksa dan fruktosa.
Maltosa tidak terdapat di alam secara bebas . Bila dicerna atau dihidrolisis, maltose pecah menjadi dua unit glukosa.
Laktosa terdiri dari satu unit glukosa dan satu unit galaktosa Laktosa banyak terdapat di bahan pangan jenis susu.

Gula alcohol terdiri dari empat macam yakni sorbotol yang terdapat di dalam jenis beberapa buah, sorbitol banyak digunakan dalam minuman ringan, selai dan kue-kue. Monitol terdapat di dalam neneas, ubi jalar, dan wortel.
Inositol terdapat dalam bahan pangan.

Oligosakarida
Terdiri dari atas polimer dua hingga sepuluh monosakarida. Beberapa oligosakarida diantaranya rafinosa, stakiosa, dan verbaskosa.


Karbohidrat kompleks
Terdiri atas polisakarida dan serat
Polisakaridamengandung sampai tiga ribu unit gula sederhana. Jenis polisakarida yang pentingdalam ilmu gizi adalah pati, dekstrin, glikogen, dan polisakarida non pati.
Pati merupakan simpanan karbohidrat utama yang dimakan manusia . Pati terutama terdapat di dalam padi-padian, biji-bijian, dan umbi2an seperti beras, jagung, gandum, kacang kering, ubi, talas, kentang, dan singkong. Dekstrin merupakan produk antara pencernaan pati. Glikogen merupakan simpanan karbohidrat di dalam tubuh dan hewan.
Polisakarida non pati
Serat ada dua yakni serat tidak larut dalam air seperti selulosa, hemisulosa, dan lignin. Serat yang larut air adalah pektim, gum, mukilase, glukan, dan algal. Sumber serat yaitu di sayuran dan buah2an.

Fungsi karbohidarat
Sumber energi
Pemberi rasa manis pada makanan
Penghemat protein
Pengatur metabolism lemak
Membantu pengeluaran feses

Kebutuhan sehari
WHO menganjurkan agar 55-75% konsumsi energi berasal dari karbohidrat kompleks dan 10% gula sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar